Install Driver Printer Generic QPOS Q58M di Linux

Ini adalah tulisan lanjutan mengenai printer thermal generic dengan merk lokal QPOS Q58M yang sebelumnya sudah saya review. Pada tulisan ini akan saya jelaskan cara menginstall driver printer ini pada OS Linux, khususnya Kubuntu.

Pada umumnya, printer ini bisa berjalan di Linux tanpa bantuan driver, karna printer ini mendukung perintah ESC/POS, perintah ESC/POS ini asalnya perintah milik printer Epson yang dibuat agar printer dapat digunakan dan diterima dengan baik oleh sistem kasir jenis apa saja, sehingga tidak perlu pengaturan dan penyesuaian khusus untuk setiap tipe printer (pintar ya ide orang Epson). Tapi jika kita tidak tau perintahnya atau di aplikasi kita tidak menggunakan perintah ESC/POS, maka diperlukan driver khusus agar kita dapat menggunakan printer tersebut tanpa harus tau perintah ESC/POS.

Setidaknya ada tiga driver yang dapat digunakan untuk printer jenis generic ini. Kenapa generic? Karna dari hasil penelitian tidak terlihat adanya serial number, tipe printer, atau bahkan nama perusahaan pembuat printer, sehingga jika menggunakan driver, harus dicari yang mana yang cocok. Disini akan saya bahas dua saja, karna satu driver lagi dapat dicoba sendiri dan tutorialnya juga sudah lengkap dari pembuatnya.

Printer yang saya punya menggunakan kertas ukuran lebar maksimal 58 mm, jadi tutorial ini hanya akan menggunakan sistem 58 mm.

 

1. Driver Printer Dari PHP

Driver ini dibuat menggunakan bahasa PHP. Driver ini dikhususkan untuk para pembuat aplikasi kasir berbasis website agar dapat menggunakan printer thermal tanpa harus menginstall driver terlebih dahulu. Jadi setelah aplikasi selesai, upload ke hosting, jalankan aplikasi dari komputer mana saja, cetak struk belanja, selesai. Driver ini dapat di ambil disini : https://github.com/mike42/escpos-php

 

2. Driver Printer ZJiang Versi Asli

Driver ini harus di install terlebih dahulu di komputer. Driver ini dikeluarkan langsung oleh salah satu perusahaan printer thermal ZJiang.

– Driver ini dapat di download disini. Pilih Linux Printer Driver. Mungkin kalau tidak ada lagi bisa diambil disini.
– Setelah download dan di-ekstrak, Anda akan melihat dua folder didalamnya, linux32 dan linux64, pilih sesuai aksitektur OS Anda, apakah 32 bit atau 64 bit.
– Buka terminal Linux Anda dan arahkan ke tempat dimana driver yang sudah di ekstrak tersebut berada. Karna printer saya adalah jenis printer dengan kertas 58 mm, maka ketika install driver, pilih file bernama install58, jika punya Anda 80 mm, pilih yang install80
– Beri hak akses 777 pada file yang akan Anda install dan pastikan saat Anda menginstall menggunakan perintah sudo. Tunggu hingga selesai.


– Setelah selesai, Anda dapat melihat hasilnya pada System Settings->Printers, akan ada tambahan daftar printer baru dengan nama POS58.


– Pilih bagian Configure pada printer POS58 untuk mengatur driver lebih lanjut. Dibagian Connection, masukkan alamat berikut : usb://Unknown/Printer

– Pada bagian Printer Options, ganti sesuai dengan gambar pada dibawah ini.


– Setelah selesai, Anda dapat mencetak halaman test Ubuntu dari menu Maintenance->Print Test Page

Kekurangan dari driver ini adalah ukuran kertasnya paling rendah hanya 58 mm x 210 mm, sedangkan rata-rata printer generic ini menggunakan ukuran 58 mm x 105 mm, hal ini tidak menjadi masalah, karna hanya akan berpengaruh pada hasil cetak halaman test saja (Anda bisa lihat hasil cetak halaman test yang cukup panjang).

 

3. Driver Printer ZJiang Versi Komunitas

Driver terakhir yang akan dibahas adalah driver ZJiang juga, tapi yang ini dibuat oleh komunitas. Driver ini biasanya sangat cocok digunakan pada OS mini PC, seperti OS punya Raspberry Pi. Driver ini dapat di ambil pada alamat ini : https://github.com/klirichek/zj-58

Untuk menggunakan driver ini memerlukan perlakuan tambahan, karna driver ini hanya disediakan bahan mentahnya saja, jadi Anda diharuskan meracik bahan mentah tersebut agar dapat di install pada komputer Anda.

– Buka terminal dan jalankan perintah berikut untuk menginstall beberapa library untuk meracik driver tersebut.

sudo apt-get install git build-essential cups libcups2-dev libcupsimage2-dev system-config-printer-common

– Masih di terminal, ketik perintah berikut untuk mendownload driver :

git clone https://github.com/klirichek/zj-58.git

– Masuk ke dalam folder driver yang telah selesali di download
– Ketik perintah berikut untuk meracik dan menginstall driver tersebut :

make && sudo ./install


– Setelah selesai, Anda dapat menambahkan daftar printer baru pada System->Printers, pilih menu Add Printer
– Pilih Unknown dan pilih Next


– Pilih driver Zijiang dan pilih tipe ZJ-58 (en), dan pilih Next


– Selanjutnya masukkan nama dan deskripsi printer, pilih Finish


– Pilih bagian Configure pada printer QPOS58 untuk mengatur driver lebih lanjut. Dibagian Connection, masukkan alamat berikut : usb://Unknown/Printer


– Pada bagian Printer Options, ganti sesuai dengan gambar pada dibawah ini (ini pilihan, tidak harus dilakukan, lihat kelemahannya dibawah).

Kelemahan driver ini adalah pada saat mencetak struk atau halaman test, printer tidak mengeluarkan semua hasil cetakan, ada yang tersangkut dibawah, sehingga Anda harus menekan tombol Feed pada printer untuk mengeluarkannya. Cara mengakalinya adalah pada Printer Options, Feed distance after print diberi nilai hingga 24 mm agar hasil cetakan dapat keluar seluruhnya, jika masih belum keluar utuh, nilainya bisa dinaikkan lagi.

 

Dari ketiga driver diatas, masing-masing punya kelebihan dan kelemahan.

– Driver PHP dapat digunakan langsung tanpa harus install, tapi hanya dikhususkan untuk pembuat aplikasi kasir berbasis website.

– Driver ZJiang versi asli hanya punya kelemahan ukuran kertas yang terlalu panjang, tapi driver inilah yang menurut saya paling ideal dan cocok untuk umum, tinggal download, install, sesuaikan, siap dipakai. Driver asli ini juga mendukung printer 80 mm, sehingga Anda bisa mencoba driver ini untuk printer dengan lebar kertas maksimal 80 mm.

– Driver ZJiang versi komunitas ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang agak mengerti Linux, agak ribet, dan banyak kurangnya, apalagi terkadang saat mencetak struk bisa keluar karakter-karakter aneh karna driver kurang sesuai dengan printer.

 

Driver ZJiang versi asli kemungkinan juga dapat digunakan untuk printer thermal generic lain yang beredar dipasaran Indonesia, asalkan printer tersebut support perintah ESC/POS, seperti yang saya lihat di situs marketplace ada merk ZJiang (tentu saja bisa), Panda, Taffware, Yongli, POS-5890H, dan yang lainnya. Untuk Epson? Epson sudah punya driver sendiri untuk Linux, jadi tinggal download dan install, tidak perlu susah payah mencari driver yang cocok. Saya juga sempat mencoba driver Epson untuk printer generic ini, karna memang driver Epson mudah didapat dan instalasinya sangat mudah, tapi pengaturannya tidak ada yang cocok, sehingga tidak saya tuliskan disini.

Sekian tulisan saya kali ini, semoga Anda tidak kapok melihat Linux dan selamat menggunakan printer generic murah meriah (dasar orang gak berduit, maunya yang murah melulu).

 

Sumber inspirasi : http://scruss.com/blog/2015/07/12/thermal-printer-driver-for-cups-linux-and-raspberry-pi-zj-58/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s